Menghapus Folder Windows.old

Hai Sobatku #InfinityImagination, piye kabare? Apik wae to????? Hehe..... Maaf ya, admin baru bisa posting sekarang soalnya ada banyak kegiatan di bulan februari kemarin, termasuk Ultahnya Kabupaten Pacitan yang ke 269.... Lalu, aku juga ada latihan buat Jumprov, doain kab. Pacitan menang ya! ^_^.


Langsung back to the point.... Teman teman, siapa yang baru install ulang windows? Baik oleh diri sendiri maupun dari pihak servis setempat. Biasanya, kalau diinstall di tempat servis di tempat terdekat partisi C:\ kita ( System maksudnya ) akan diformat terlebih dahulu. Sehingga, drive itu akan “bersih”. Namun, bagi sobat yang install windows nya oleh sobat sendiri dan takut memformat drivenya, biasanya sobat akan langsung menginstall windows tanpa memformat drive system tersebut. Jika drive C:\ ( System ) tidak diformat, maka setelah instalasi berakhir, akan muncul folder bernama “Windows.old” di drive C:\ ( System ). Folder “Windows.old” berukuran sangat besar ( rata – rata 7,68 GB jika tidak ada program di Windows 7 & 8 dan tergantung versinya ). Dan yang menyebalkan adalah, Folder “Windows.old” sendiri tidak bisa dihapus oleh kita, sekalipun kita memakai akun administrator, sudah di “Take Ownership”, folder tersebut tidak bisa dihapus karena izin kepemilikan folder tersebut ada di TrustedInstaller ( satu level diatas SYSTEM ). Mengapa ukuran folder tersebut sangat besar? Karena isi folder tersebut adalah Windows lama kita ( ya jelaslah, namanya juga windows.old ) yang terdiri atas PerfLogs, Users, ProgramData [ Hidden ], Program Files, dan Windows.

Lalu, bagaimana cara menghapusnya? Kita simak cara caranya dibawah ini :
1   1.     Klik kanan pada drive system ( Misalnya C:\ ) lalu klik Properties

2   2.    Lalu Pilih Disk Cleanup


3   3.    Setelah Loading, klik Cleanup System Files

4   4.    Loadingnya agak lama, sabar.... ( tergantung seberapa gedenya folder windows.old )

5   5.    Centang Previous Windows Installation, Lalu klik OK ( jika muncul dialog, klik OK )


6   6.    Maka Disk Cleanup akan menghapus folder tersebut
7   7.    Selesai, enjoy your new windows.... hehe :D


           Tested on : Windows 8 Enterprise 32-bit

Catatan Penting!

1    1. Pastikan backup dulu data yang ada di folder Users dan ProgramData ( ProgramData biasanya berisi save data, namun jangan backup folder Microsoft, biasanya akan “nggadok” atau “tabrakan” dengan file Windows yang baru, Contohnya : [Windows 8] Jika folder Microsoft di ProgramData dibackup, lalu direstore, maka tiles yang ada di start screen akan blank [warna saja, tanpa tulisan] dan akan crash , begitu juga yang ada di AppData, jangan copy folder Microsoft )
2    2.  Folder yang bukan folder Windows ( Misalnya : Converted, wampp, dan lainnya . Pokonya bukan selain yang diatas ) tidak akan masuk ke dalam windows.old. Jika mau “numpang” hapus sekalian di folder windows.old, masukin aja secara manual ke dalam folder windows.old, maka folder tersebut akan ikut terhapus bersama windows.old . Ibaratkan aja folder “Windows.old” sebagai “Tempat Sampah”
3    3.  Kecepatan proses penghapusan folder Windows.old tergantung pada kecepatan prosessor, RAM, dan seberapa “gedenya” folder tersebut
4    4.  Kami tidak bertanggung jawab apabila ada kesalahan dalam proses penghapusan, dan keteledoran pengguna dalam menghapus ( seperti : lupa backup ), pastikan anda yakin terlebih dahulu sebelum menghapus, dan jangan sekali kali menutup dialog menghapus karena akan menyebabkan crash. Do it with your own risks!

Terima kasih kepada para pembaca yang telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima Kasih!


O iya! Support us by click “Like” on our fanspage! Other Question or Want to Chat? PING me at 7B539215 [ I’m not always on, because my “hard” activities ]