Berani Jujur, Hebat!

Jujur? Kata – kata itu sering terlintas dalam kehidupan kita. Kita sering mendengar kata kata ini, terutama menyangkut suatu hal yang penting. Poin Jujur ada di dalam 18 poin pendidikan karakter. Jujur bisa diartikan dengan mengatakan yang sebenarnya. Memang, meskiupun pahit, kita harus selalu bersikap atau berkata jujur.
Sudah 69 tahun Indonesia merdeka, namun banyak masyarakat Indonesia yang tidak jujur dalam setiap perkataannya. Di masa modern seperti sekarang, berbohong rasanya menjadi sebuah tradisi yang tak bisa dilepaskan. Budaya berbicara jujur seakan tenggelam. Jujur seakan hanya menjadi kata – kata yang diucap saja. Kata – kata jujur seakan hanya menjadi sebuah bumbu untuk janji – janji manis wakil rakyat. Tapi kenyataannya?                                               

Logo Berani, Jujur, Hebat!

            Logo ini adalah logo yang mengingatkan kita pada KPK, benar? Ya,logo ini adalah salah satu logo yang dibuat oleh KPK untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu jujur. Terkadang, logo ini menjadi logo “sindiran” untuk para “tikus – tikus kantor” untuk selalu jujur dalam setiap perilakunya. “Berani jujur hebat!” bermakna jika kita berani jujur dalam perilaku kita, maka anda termasuk orang – orang yang hebat.  Jujur itu sangat baik. Jujur membuat jiwa kita tenteram dan kita serasa plong.
            Nah, bagaimanakah cara membiasakan diri untuk jujur? Kita bisa membiasakan tindakan jujur mulai dari kita sendiri, yaitu dengan membiasakan untuk berkata dan berperilaku jujur. Lalu kita bisa mengajak lingkungan sekitar kita untuk biasa jujur. Di SMP N 1 Pacitan ada kantin kejujuran, yang bisa melatih kita untuk selalu jujur.

            Intinya adalah, kita bisa terbiasa jujur mulai dari kita sendiri. Meskipun nanti dibelakangnya pahit, namun kita harus selalu jujur. Biasakanlah jujur dari sekarang. Berani jujur, hebat!